MICIN BIKIN BODOH? TERNYATA ITU HANYA MITOS SAJA... INI KATA AHLI GIZI

April 22, 2017

KesehatanGratis - Memasak pakai micin bikin bodoh, itulah anggapan publik dan selalu melekat di hati banyak orang di Indonesia.

Kita percaya bahwa Zat aditif yang ada dalam Monosodium Glutamat (MSG) atau dikenal dengan nama Micin ini dipercaya dapat menurunkan kecerdasan bahkan merusak otak.

Namun apakah opini tersebut benar adanya atau mungkin hanya mitos belaka?


Menurut hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, menemukan pembuktian bahwa kerusakan otak yang diakibatkan oleh MSG memiliki beberapa kelemahan. Dalam penelitian ini, mereka menggunakan subjek tikus ataupun perimata (selain manusia), para penelitian menyuntikkan MSG dalam jumlah dosis yang banyak yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

“Sampai saat ini bukti-bukti ilmiah tidak terbukti anak jadi bodoh karena terlalu banyak MSG. Ada beberapa orang yang hipersensitif terhadap MSG, itu betul,” kata Leona Victoria Djajadi, ahli gizi dari University of Sydney.

Secara gamblang Leona membeberkan, apabila micin dikonsumsi pada orang yang hipersensitif maka akan memunculkan reaksi yang bermacam macam, diantaranya dapat mengakibatkan pusing,Mual, keringat dingin, hingga behavioiural (perilaku) seperti hiperaktif pada anak .

Berbagai badan kesehatan diseluruh dunia menyepakati bahwa MSG atau micin aman dikonsumsi dengan syarat tidak berlebihan. Sebab hingga sampai saat ini belum ada satupun peneliti yang bisa membuktikan tentang efek berbahaya bagi otak.

“Vetsin bikin bego? Enggak. Bahayanya mengandung natrium jadi risiko kesehatannya itu sama kaya garam. Hipertensi (jika berlebihan),” ujar Astri Kurniati, Nutrifood Research Center Manager.

Kesimpulannya :

  • MSG atau Micin Tidak menyebabkan kebodohan
  • Aman dikonsumsi apabila tidak berlebihan
  • Micin bisa menganggu kesehatan apabila dikonsumsi dengan jumlah yang banyak (overdosis)
  • Berbahaya dikonsumsi bagi orang yang hipersensitif, dapat menyebabkan mual, pusing, keringat dingin Dll.

Nah, itulah fakta sebenarnya tentang MSG yang ternyata tidak berbahaya bagi kesehatan. Jika micin tidak menyebakan kebodohan maka jangan salahkan micin ya jika Anda memiliki kemampuan terbatas.... :)

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.



Previous
Next Post »
0 Komentar