DENGAN MELAKUKAN 4 GERAKAN INI, SAKIT PINGGANG KARENA OTOT TERJEPIT ANDA AKAN SEMBUH DENGAN SEGERA...!!!

April 16, 2017

KesehatanGratis - Sakit pinggang adalah rasa sakit atau nyeri yang muncul pada bagian panggul dan daerah perut di bawah pusar. Sakit pinggang lebih jarang terjadi pada pria, lebih banyak wanita.


Jika Anda menderita sakit pinggang, Anda bisa mencoba 4 gerakan di atas. Gerakan di atas adalah fisioterapi berkat penemuan yang dilakukan sensei (dokter) Jepang.

Warga Jepang banyak yang sakit pinggang karena otot atau duduk tidak benar. Namun ada pula sakit pinggang karena faktor lain.

Namun sakit pinggang karena otot terjepit, antara lain karena kegemukan (obesity) dan sebagainya, ternyata dapat disembuhkan sendiri dengan fisioterapi berkat penemuan yang dilakukan sensei (dokter) Jepang, Masataka Yamaguchi dari Rumah Sakit Universitas Tokyo Jepang.

Menurut Yamaguchi, penelitian telah dilakukan terhadap sekitar 10 pasien dengan memonitor penyebabnya saat tidur dan penyembuhannya dengan fisioterapi.

Penyebab sakit pinggang terjepit ototnya antara lain menurutnya karena kegemukan.

"Saat tidur dengan badan yang kegemukan, otot di bawah tulang punggung ke bawah bagian pantat akan terjepit karena kegemukan. Demikian pula tidur bagi orang awam sehat rata-rata terhitung selama tidur malam 24 kali bergerak-gerak. Sedangkan yang mengakibatkan sakit pinggang atau yang sakit pinggang hanya sekitar 5 kali bergerak saat tidur malam," kata Yamaguchi.

Banyak bergerak saat tidur dianggapnya sebagai olahraga otot, sehingga tetap terjaga baik dan hal itu dapat terjadi apabila tak ada halangan sakit pinggang atau halangan lain yang membuat orang tidur tak bisa bergerak.

Halangan tidur tak bisa bergerak membuat orang akan sakit pinggang. Misalnya di tempat tidur yang empuk sehingga bagian bokong, perut tenggelam ke bawah tempat tidur membuat badan tulang punggung tidak rata, akibatnya menyulitkan bolak balik saat tidur.

Demikian pula tempat tidur sangat sempit juga membuat tak bisa bergerak, akibatnya tidur menjadi kaku dan otot kaki, jadi sakit pinggang.

"Hal itu telah kami uji cobakan sehingga menjadi sakit pinggang," tambahnya.

Cara Penyembuhan

Lalu bagaimana menyembuhkan sakit pinggang karena otot terjepit?

Manurut Yamaguchi ada empat cara sederhana untuk olahraga di rumah di tempat yang datar.

Kalau bisa menggunakan alas karet yang biasa dipakai untuk yoga atau tempat tidur rata yang agak keras.

Semua gaya berikut ini dilakukan dengan jarak waktu enam kali tarik lepas pernafasan lalu bergantian. Kemudian juga tiga set, yaitu tiga kali kanan dan tiga kali kiri.

Gaya pertama dengan menarik kaki kanan ke kiri. Kaki kanan ditarik ke atas sampai maksimal, kaki kiri lurus satu garis dengan tulang punggung.

Lalu tangan kanan ke atas lurus dengan tulang punggung. Lakukanlah dengan enam kali pernafasan.

Setelah itu bergantian, gantian kaki kiri ke kanan. Lakukan masing-masing sedikitnya tiga set.

Gaya kedua dengan tidur terbalik kepala ke bawah. Tarik badan hingga maksimal dan kedua kaki lipat ke atas.

Saat tarik pinggang lakukan dengan hitungan enam kali pernafasan lalu lepas santai dan ulangi lagi sampai tiga kali.

Gaya ketiga gaya tidur muka menghadap ke atas, tarik kedua kaki dengan tangan kita. Tarik sampai maksimal hidung sampai enam kali pernafasan, lalu lepas dan ulangi lagi sampai tiga kali.

Gaya keempat tidur dengan muka menghadap ke atas. Badan harus lurus semua. Lalu kaki kanan tarik lurus ke atas dengan handuk pandang.

Tarik sampai maksimal lalu hidung sampai enam kali pernafasan. Lalu lepas dan gantian kaki kiri. Lakukan smapai tiga set.

Apabila hal ini dilakukan pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur, selama sebulan terus menerus, sakit pinggang akan hilang.

Perubahan baik tidak lagi sakit pinggang akan terasa setelah dua minggu melakukan olahraga ini. Namun akan sembuh total apabila setiap hari lakukan pagi dan malam selama seminggu.

Jika benar dilakukan setiap hari pagi malam selama sebulan belum sembuh, dipastikan ada gangguan lain, misalnya sakit ginjal, sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

Dari hasil penelitian Yamaguchi, bahkan seorang ibu yang telah berusia 70 akhirnya sembuh total dengan cara rehabilitasi tersebut.

"Jumlah gerakan saat tidur malam pun akan semakin banyak apabila kita sehat," tambahnya.

Itulah sebabnya bayi sehat karena banyak bergerak saat tidur sekali pun. Gerakan itulah yang sekaligus dianggap sebagai olahraga otot manusia di saat tidur sekali pun sehingga badan jadi tidak kaku.

Dengan demikian berhati-hatilah terhadap tempat tidur kita jangan terlalu empuk sehingga badan bawah terutama bokong dan perut amblas ke bawah membuat badan dan tulang punggung tidak rata sulit bergerak.

Demikian pula cara duduk yang tidak benar, miring-miring akan membuat tulang belakang menjadi bengkok.

Jangan terlalu banyak duduk, kalau bisa maksimal satu jam lalu bangkit bergerak dan minum air putih.

Seorang sensei akupuntur di Tokyo, Matsunaga sensei, yang dihubungi Tribunnews.com beberapa waktu lalu juga mengajarkan cara sederhana membuat otot pinggang tidak kaku.

Caranya dengan tidur rata muka ke atas, lalu kedua kaki ditarik bengkokkan, lalu digoyang ke kiri dan ke kanan perlahan-lahan. Laku sampai sekitar 30 menit sampai ke luar keringat, pagi dan malam.

"Cara sederhana itu akan membuat otot tidak kaku dan menjauhkan diri dari sakit pinggang," jelasnya.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan saudara Anda.

Previous
Next Post »
0 Komentar