JANGAN LAGI TARUH DOMPET DI KANTONG BELAKANG.. INI BAHAYANYA BAGI KESEHATAN...!!!

April 16, 2017

KesehatanGratis - Hampir setiap pria memiliki dompet. Banyak di antaranya bahkan memiliki sejak masih SMA. Dan karena kebiasaan, selama bertahun-tahun kita mengantongi dompet kita di saku belakang.

Baik saat kita menyupir, naik motor, duduk di kereta, di kantor, dompet itu berada di tempat yang sama.

Seringkali pula kita membiarkan dompet kita menjadi tebal. Bukan karena uang kita banyak, namun karena kita memasukkan apa saja ke dalamnya, mulai dari kartu ATM, kartu kredit, kartu nama, uang receh, bahkan bon-bon belanja. Dan di situlah masalah bermula: Dompet tebal di saku belakang lama-lama akan menimbulkan ketidakseimbangan otot dan iritasi di pinggang dan tulang belakang.


Kebiasaan duduk dengan mengantongi dompet di saku celana bagian belakang bisa memicu gangguan yang disebut wallet sciatica. Risikonya lebih besar jika bokong atau pantatnya tepos alias tidak terlalu tebal.

Pakar kesehatan tulang dan sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT menjelaskan ada 3 faktor yang memengaruhi keluhan akibat menyimpan dompet di saku belakang. Pertama, ketebalan otot pantat dan lemak di daerah tersebut. Makin tebal pantatnya, makin aman dari gangguan saraf.

"Sebenarnya saraf sciatic dilindungi oleh otot pantat dan lemak. Ketebalannya saja yang berbeda-beda," jelas dokter yang akrab disapa dr Ega, seperti dilansir dari Detikhealth.

Faktor kedua, ketebalan dan kekerasan dompet. Makin tebal dan keras, makin lama pula tekanan yang dialami saraf sciatic saat duduk dengan mengantongi dompet di saku belakang. Jika muncul keluhan, maka sakitnya pun semakin lama.

Faktor ketiga adalah lamanya duduk. Wallet sciatica atau keluhan pada saraf sciatic akibat mengantongi dompet di saku belakang banyak dikeluhkan para pria yang banyak duduk. Misalnya menyetir jarak jauh, atau seharian berada di depan komputer. Jika memang harus demikian, sebaiknya dompet disimpan di tempat lain.

Sciatic adalah nama saraf yang ada di sepanjang sum-sum tulang belakang. Saraf ini memanjang hingga ke kaki, dan memicu keluhan pegal-pegal hingga kesemutan jika mengalami tekanan. Salah satu pemicu tekanan adalah dompet di saku belakang.

Untuk menghindari masalah tersebut, inilah yang harus Anda lakukan: Bersihkan dompet Anda dari kertas-kertas dan barang tidak berguna. Singkirkan uang logam ke tempat lain. Bila perlu ganti dompet Anda dengan yang lebih tipis untuk membawa yang paling Anda perlukan, seperti sedikit uang, kartu kredit, SIM dan KTP.

Dan hal yang terpenting adalah, jangan kembalikan dompet itu ke kantong belakang celana. Anda bisa menyimpannya di kantong jaket, kantong depan celana, atau di dalam tas. Selain lebih sulit dicopet, Anda harus membiarkan tulang belakang Anda berada di posisi semestinya.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Previous
Next Post »
0 Komentar